perangkat internet



 Perangkat internet

1.MODEM

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modem itu alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
 Modem Eksternal
Modem Internal

2. NIC (Kartu Jaringan)
Kartu jaringan (network interface card disingkat NIC atau juga network card) merupakan  sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar terbagi menjadi dua jenis, yakni:
  •  NIC yang bersifat fisik, (ethernet, token ring)
  •  NIC yang bersifat logis.( loopback adapter dan Dial-up Adapter)                                        Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC adress, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna. Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel).

3. Kabel UTP
Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya murah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus.

Susunan Warna Kabel Cross Over dan Kabel Straight | setelah beberapa waktu lalu membuat artikel tentang Perbedaan Kabel Cross Over dan Kabel Straight, sekarang kita lanjutkan ke materi dasar tentang jaringan komputer yang selanjutnya yaitu Susunan Warna Kabel Cross Over dan Kabel Straight. Kenapa kita mesti tahu tentang Susunan Warna Kabel Cross Over dan Kabel Straight???
Hal ini untuk memudahkan kita dalam memasang kabel Cross Over dan Kabel Stright di postingan yang selanjutnya. Baiklah, untuk mempersingkat waktu, kita langsung saja melihat Susunan Warna Kabel Cross Over dan Kabel Straight, cekidot...

Susunan Warna Kabel Straight :
  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat
Susunan Warna Kabel Cross Over dan Kabel Straight

Susunan Warna Kabel Cross Over :
Ujung Kabel 1 :
  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Ujung Kabel 2 :
  1. Putih Hijau
  2. Hijau
  3. Putih Orange
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Orange
  7. Putih Coklat
  8. Coklat
    Susunan Warna Kabel Cross Over dan Kabel Straight













4. Konektor
Untuk menghubungkan kabel UTP dengan Ethernet, diperlukan sebuah konektor.
RJ 45
BNC
singkatan dari Bayonet Neill Concelman,biasanya digunakan untuk sistem sambungan quick conect dengan kapasitas daya kecil dan freq handle sampai dengan 5 Ghz.
tipe N konektor
singkatan dari “Navy” sebab dipopulerkan pada peralatan perang PD II dan kebanyakan dipakai sebagai military equipment.konektor tipe ini amatlah kuat dalam menghandle freq,karena bisa mencapai 18Ghz dengan lossis kecil.
SMA
singkatan dari “SubMiniature version A” mempunyai kehandalan yg sama dengan konektor N dgn limit handle freq yg sama.saudara kembar SMA adalah SMB (artinya sama hanya version B) mempunyai bentuk seperti ini.
MMCX
atau biasa disebut MicroMate conector X adalah konektor RF terkecil di dunia yg biasanya ada pada wlan card,pigtail dsb.






nah kalo yang mau masang internet di tempat yang ngegunain jaringan LAN harus punya nih yang namanya :

HUB 


hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10 BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model osi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar